Menu
Portal berita terpercaya dan terkini
banner 325x300

Tancap Gass Tim Opsnal Ghimau Buluh Unit Reskrim Polsek Pancung Soal Gasak Pelaku Narkoba Belasan Paket Diamankan

  • Share

Painan, Konsisten dalam Menindaklanjuti Perintah Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH menginstruksikan jajaranya untuk berantas Judi, Narkoba, Ilegal Logging, Ilegal Minning, BBM dan Gas elpiji.

Kembali, kali ini Unit Reskrim Polsek Pancung Soal melakukan pengungkapan kejahatan narkoba jenis sabu, pada Rabu tanggal 04 Oktober 2023.

banner 325x300

Tim Opsnal Ghimau Buluh Unit Reskrim Polsek Pancung Soal bergerak cepat melakukan penangkapan terhadap 2 orang laki-laki diduga sebagai penyalahgunaan narkotika golongan I jenis sabu.

Ini adalah penangkapan yang ke 51 tahun ini dengan berhasil diungkap di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan dengan total tersangka 78 orang.

Humas mengkonfirmasi keterangan dari Kapolsek Iptu Ai Am’ar Faradhyba, S.Tr.K, yang memimpin langsung penangkapan, membenarkan pengungkapan tersebut pada hari Rabu 04 Oktober 2023 pukul 11.00 Wib bertempat di Kampung Pendakian Ken. Simpang Lamo Inderapura Kec. Pancung Soal Kab. Pessel.

Berawal Unit Reskrim Ghimau Buluh menerima informasi dari masyarakat adanya peredaran narkoba di kampung Pendakian tersebut maka dilakukan penyelidikan setelah melakukan profiling dan investigasi.

Tim yang dipimpin Kapolsek langsung melakukan pengintaian di lokasi (TKP) di Kampung Pendakian dan melihat pelaku YA (35) yang gerak gerik mencurigakan dirumahnya. Tim akhirnya melakukan penangkapan terhadapnya.

Usai ditangkap, dari tangan pelaku diamankan 1 paket kecil narkoba jenis sabu beserta alat prekursor untuk memakai barang haram tersebut dan ianya mengakui kepemilikannya, sedangkan sabu tersebut didapatnya dari seseorang inisial IL (46), warga Kampung Lubuk Pandan Ken. Inderapura Timur Kec. Air Pura Kab. Pessel.

Tak menunggu lama Tim langsung bergerak kerumah IL, dan saat diamankan ditemukan barang bukti beserta 10 paket sabu dalam kotak rokok Sampoerna dan uang tunai seratus ribu rupiah, dan hal itu disaksikan oleh saksi-saksi yang ada di TKP dengan barang bukti diantaranya 11 paket kecil sabu.

“Kami berhasil menangkap kedua pelakunya beserta barang bukti, ia diduga keras sebagai pelaku karena adanya barang yang dipegangnya atau dalam penguasanya dan hal ini akan kami proses sesuai Undang-Undang Narkotika,” ujarnya.

Dalam jumlah dan alat atau prekursor narkoba yang kami temukan di tangan rersangka ini dirinya berpotensi sebagai pengedar dan pemakai, namun demikian akan dilakukan pemeriksaan intensif dan profesional serta lebih mendalam apa saja keterlibatannya.

“Walaupun demikian, kami tegas dan tidak akan main-main dalam proses hukumnya, terlihat dari kami melakukan penangkapan sebelumnya di wilayah hukum Polres Pessel, bahkan proses sidiknya sudah lanjut ke JPU Pessel,” ujarnya.

Tersangka akan kami proses lebih dalam dan akan di jerat dengan pasal berlapis sesuai Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan bahkan ancaman hukuman dalam Undang-Undang tersebut yaitu penjara seumur hidup, atau paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan hukuman mati.

Kapolsek menambahkan, siapapun yang terlibat Narkoba, pihaknya tidak pandang bulu.

“Karena ini sudah menjadi Atensi Bapak Kapolres AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH yang bertekad “Pessel Zero Narkoba” dan akan kami kejar siapa yang terkait dengan barang haram ini,” tegasnya.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 325x300